Tips Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis UKM

Tips Memilih Software Akuntansi Untuk Bisnis UKM

Berikut ini adalah 5 tips memilih software akuntansi untuk bisnis UKM Anda:

Sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda

Software akuntansi yang cocok buat UKM adalah software yang sesuai kebutuhan bisnis untuk melakukan pencatatan dasar transaksi harian seperti mencatat penerimaan, pengeluaran dll.

Pilih Software dengan Harga Terjangkau

Software akuntansi untuk bisnis UKM gah harus yang harganya mahal, tapi juga ga murahan. Ibarat pepatah, tidak boleh lebih besar pasak daripada tiang. Jangan sampai harga software akuntansi bisnis Anda lebih besar dari omset bulanan.

Perhatikan Kelengkapan Fitur

Software akuntansi UKM harus punya fitur yang lengkap, yaitu: bisa buat bikin invoice, mengelola biaya, kontrol persediaan, mengelola aset tetap, mudah melakukan rekonsiliasi bank dan menghasilkan laporan keuangan lengkap (minimal: neraca, laba rugi dan arus kas).

Pilih Software Akuntansi yang bisa diakses dimana pun

Software akuntansi UKM harus mudah diakses di mana pun dan kapan pun. Bisa dibuka dibuka dengan browser dan bisa diakses dengan gadget. Jadi, pebisnis bisa dengan mudah memonitor transaksi dan laporan keuangan bisnisnya.

Carilah Software yang mudah digunakan

Software akuntansi UKM harus mudah digunakan. Tidak perlu orang IT untuk instalasi dan maintain database. Software akuntansi UKM harus mudah digunakan oleh siapapun bahkan oleh orang yang tidak paham akuntansi sekalipun.

Cloud Accounting

Dalam buku The E-Myht Accountant tulisan Michael E. Gerber dan M. Darren Root, masa depan akuntansi adalah cloud accounting (akuntansi awan, bukan roti awan ya!).

Cloud accounting yaitu akuntansi yang menghasilkan informasi keuangan yang bisa diakses dengan mudah kapan pun dan dimana pun, atau dengan kata lain adalah akuntansi online.

Di negara-negara maju seperti USA, Canada, Australia dan UK, software akuntansi online ini sudah umum dipakai oleh bisnis-bisnis UKM. Dua nama software akuntansi online yang banyak dipakai antara lain: Xero dan QuickBooks Online.

Sayangnya, software akuntansi online tadi tidak bisa dipakai oleh semua negara, karena biasanya terkait dengan standar akuntansi dan peraturan pajak negara bersangkutan.

Untungnya, di Indonesia, juga sudah ada lho software akuntansi online yang memang didesain khusus untuk pebisnis Indonesia, yaitu Jurnal. Klik di sini untuk mempelajari Jurnal selengkapnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: