Membuat Penerimaan Pembayaran Invoice

Membuat Penerimaan Pembayaran

Setelah membuat invoice penjualan, langkah berikutnya adalah menerima pembayaran atas invoice penjualan tersebut atau dengan kata lain menerima uang dari pelanggan Anda.

Pada tutorial sebelumnya, kita telah membahas cara membuat invoice penjualan dengan menggunakan Jurnal. Pada tutorial ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat penerimaan pembayaran.

Langkah-langkah membuat penerimaan pemabayaran adalah sebagai berikut:

1. Buka menu tab Penjualan untuk menampilkan invoice yang telah dibuat.

2. Klik nomor invoice untuk menampilkan invoice yang akan dilakukan penerimaan pembayaran. Pilih invoice dengan status open atau belum dibayar.

3. Klik menu Tindakan dan pilih Penerimaan Pembayaran.

4. Lengkapi data-data pembayaran meliputi akun yang digunakan untuk menerima pembayaran (Setor Ke), Cara Pembayaran, Tanggal Pembayaran, Nomor Transaksi, Jumlah Pembayaran (biarkan jika pembayaran dilakukan secara penuh, dan ubah jika pembayaran dilakukan secara parsial atau sebagian), keterangan atau Memo dan lampiran bukti pembayaran. Selanjutnya klik tombol Buat Penerimaan.

5. Penerimaan pembayaran telah berhasil dibuat.

Membuat Penerimaan Pembayaran
Membuat Penerimaan Pembayaran

Melihat Jurnal Entri Penerimaan Pemabayaran

Transaksi penerimaan pembayaran berdampak pada berkurangnya jumlah utang usaha, dan disisi lain bertambahnya aset lancar kas atau rekening bank.

Untuk melihat jurnal entri yang terbentuk pada penerimaan pembayaran, klik lihat jurnal entry. Jurnal entri yang terbentuk adalah sebagai berikut:

Dampak Pada Akun Kas & Bank

Penerimaan pembayaran akan berdampak pada bertambahnya aset lancar Kas dan Bank. Untuk melihat penambahan Kas dan Bank, buka menu tab Kas dan Bank seperti pada gambar berikut.

Dampak Pada Laporan Keuangan

Penerimaan pembayaran akan berdampak pada laporan keuangan neraca dan arus kas, tetapi tidak berdampak pada laporan laba rugi.

Pada laporan neraca, penerimaan pembayaran akan menambah saldo akun Rekening Bank pada Aset Lancar, dan disisi lain mengurangi Utang Usaha pada Utang Lancar.

Sedangkan, pada Laporan Arus Kas, penerimaan pembayaran akan menambah kas dari kegiatan Operasional perusahaan pada sisi Penerimaan dari Pelanggan seperti tampak pada gambar berikut.

Tertarik menggunakan Jurnal? Klik di sini untuk memulai.

Gunakan kode referral “HALOAKUNTAN1” untuk mendapatkan pendampingan setup gratis dari Halo Akuntan. Anda wajib mengisi kode referral tersebut dan melakukan konfirmasi ke nomor WhatsApp Halo Akuntan di 081519296323.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *